wartawan singgalang

Senin, 14 April 2014

DPRD Sumbar, PBB Taklukkan Lubuk Alung Rekap Suara Belum Selesai, Kursi Telah Dibagi Habis

DPRD Sumbar, PBB Taklukkan Lubuk Alung
Rekap Suara Belum Selesai, Kursi Telah Dibagi Habis

Padang Pariaman--Suara hasil Pileg 9 April lalu belum selesai direkap oleh penyelenggara. Bahkan, hingga hari ini masih ada yang belum tuntas rekap suara tingkat panitia pemungutan suara (PPS). Tetapi, para caleg dan orang banyak sudah membagi kursi yang tersedia di Dapil terkait.
    Di Kecamatan Lubuk Alung, Padang Pariaman, Minggu malam masih merekap tingkat nagari atau PPS. Yardi, Ketua PPK Kecamatan Lubuk Alung ikut nimbrung melakukan perekapan demikian. Padahal, tugasnya merekap untuk kecamatan.
    Itulah semangat kerja yang dilakukannya. Dia mengaku capek, karena sejak sehari menjelang pencoblosan sampai saat ini belum bisa tidur nyenyak. "Rata-rata sampai pukul tiga dinihari. Ya, itulah tugas. Soal berapa suara siapa, saya tak bisa beberkan," kata dia.
    Lubuk Alung yang terkenal wilayah paling panas, memang berdampak luar biasa ke Pileg Rabu lalu. Pantauan Singgalang, Minggu malam untuk suara DPRD Sumbar di kecamatan ini paling unggul PBB. Partai dengan lokomotif Yusril Ihza Mahendra ini mampu meraup 2.187 suara. Berikutnya yang juga untuk DPRD Sumbar ditempati PDI Perjuangan.
    Partai yang dipimpin Megawati Soekarnoputri ini dapat 1.800 suara. Peringkat ketiga disabet Partai Demokrat, dengan perolehan suara DPRD Sumbar sebanyak 1.608. Dibawahnya PAN dan Golkar yang dapat suara Sumbar sebanyak 1.600.
    Data tersebut berbalik harus dengan perolehan Sumbar di Kecamatan Batang Anai. Kecamatan yang berbatasan dengan Kota Padang ini paling tinggi suara Sumbar, adalah Partai Gerindra. Partai yang didirikan Prabowo Subianto ini mendapatkan 2.384 dukungan, minus satu nagari; Ketaping yang belum masuk.
    Posisi kedua untuk DPRD Sumbar di kecamatan ini, adalah Partai Demokrat yang dapat 2.167 suara. Ketiga PBB sebanyak 1.637 suara. Posisi berikutnya di ambil Golkar dan PAN yang dapat 1.467 dan 1.122 suara.
    Prakiraan DPRD Sumbar
    Berkaca dari peroleharan suara di satu Dapil itu, kemungkinan tujuh orang anggota DPRD Sumbar di Dapil II, Padang Pariaman dan Kota Pariaman akan diisi oleh Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PDI Perjuangan, masing-masingnya dapat satu kursi. Kemudian dua kursi panas terakhir akan diperebutkan oleh PPP, PBB, PKB, dan Hanura. Siapa diantara caleg-nya yang akan melaju ke jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang, besok kita sambung cerita ini. (damanhuri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar