wartawan singgalang

Minggu, 06 April 2014

Berikan Contoh Taat Aturan Caleg Menanggalkan APK-nya Sendiri

Berikan Contoh Taat Aturan
Caleg Menanggalkan APK-nya Sendiri

Ketaping--Sabtu (5/4) lalu menjadi hari terakhir bagi partai politik dan caleg untuk berkampanye. Dan hari itu pula terakhirnya alat peraga kampanye (APK) terpasangnya diberbagai lokasi.
    Bagindo Rosman, calon anggota DPRD Padang Pariaman dari PAN di Dapil IV daerah itu memperlihatkan contoh yang baik, yang harus ditiru semua caleg. Betapa tidak, mulai siang Sabtu itu semua APK miliknya dicopot oleh tim-nya.
    Mulai dari spanduk, baliho kecil, bendera partai yang dia pasang selama kampanye, jelang Magrib masuk, Sabtu itu tak satu pun lagi yang terlihat. Puluhan anggota tim sukses dia berjalan memakai dua unit mobil menanggalkan semua APK yang dipasangnya di tiga kecamatan dalam Dapil tersebut.     "Sebelum orang lain menanggalkan secara paksa, mendingan kita sendiri yang melakukannya. Dan itu aturan Pemilu yang mesti kita ikuti dengan baik," kata dia.
    Sebelum berangkat, timnya diberikan arahan, agar tidak salah dalam melakukan kerja demikian. "Yang ditanggalkan hanya punya kita. Milik caleg lain jangan dibuka, karena bukan wewenang kita,"  kata dia.
    Marsedes Amir, Syamsul Bahri, ketua pemuda Tabek, Nagari Ketaping memuji apa yang dilakukan Rosman bersama timnya. Dari sekian banyak anak Nagari Ketaping yang maju, Rosman caleg yang pantas dipilih. Apalagi dia mantan anggota dewan vokal yang pernah mewarnai perpolitikan Padang Pariaman.
    M. Yani, pimpinan TK Mercy Lubuk Alung dan Datuak Toma, panghulu Suku Nias di Ketaping menilai, sikap taat akan aturan adalah perilaku yang mesti diperlihatkan calon anggota dewan terhormat, seperti yang Dibuat Rosman saat ini.
     "Kita bisa lihat, belum jadi anggota dewan saja sudah banyak caleg yang melanggar peraturan, apalagi kalau terpilih nantinya. Rosman adalah calon pertama yang pernah ada dalam pusaran taat akan aturan itu. Patut diberikan apresiasi.
    Rahman, sekretaris DPD PAN Padang Pariaman menyebutkan, baru Rosman yang pertama menanggalkan APK-nya, dari 40 orang caleg partai untuk daerah ini. Dan memang, hal itu telah diintruksikan partai kepada semua caleg dan simpatisan agar menanggalkan APK sebelum ditanggalkan pihak lain.
    "Secara pribadi, saya tersentuh dan terkejut melihat aksi yang dilakukan mantan anggota dewan yang saat ini calon nomor urut delapan tersebut. Kita butuh politisi kayak Rosman ditubuh PAN Padang Pariaman," kata dia. (525)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar