wartawan singgalang

Rabu, 12 Februari 2014

Fatimah, Urang Awak yang Sukses Jadi Saudagar Sayur di Curup

Fatimah, Urang Awak yang Sukses Jadi Saudagar Sayur di Curup

Bengkulu---Siang Sabtu lalu itu rombongan wartawan Piaman yang ikut acara HPN 2014 di Bengkulu, sampai di Curup. Kampung yang terletak dilereng pegunungan itu masuk Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Banyak lahan pertanian yang subur, agaknya menjadi sumber ekonomi masyarakatnya.
    Rombongan yang dipimpin Ketua PWI Piaman Ikhlas Bakri, dan mengikutsertakan Bagian Humas Kota Pariaman Hendri, Bagian Humas Pemkab Padang Pariaman Heri Sugianto ini dapat sambutan luas dari Fatimah, urang awak yang jadi saudagar sayur di Curup tersebut. Fatimah merupakan warga Padang Sago yang telah puluhan tahun tinggal di Curup bersama keluarganya.
    Dia juga adik oleh Amiruddin, wartawan dan pengurus PWI Cabang Sumbar yang satu rombongan dengan PWI Piaman ke Bengkulu. Menurut dia, sayuran seperti lobak, bawang perai, dan lainnya itu hanya singgah saja di gudangnya. Dia langsung membeli ke petani, dan dijual ke luar daerah. Paling banyak diangkut ke Jambi. Siang itu tiga orang anak buahnya sibuk membersihkan sayur yang baru datang dari ladang. Sayur diikat dengan rancak, sehingga membuat dagangannya bagus dan indah dipandang mata.
    Ke kampung, daerah Piaman sayur itu ada pula di pasarkannya. Curup memang terkenal dengan daerah pertanian. Sama halnya dengan Tanah Datar yang kaya akan sayur dan tanaman lainnya. Disamping itu, Fatimah bersama keluarganya juga buka usaha rumah makan. Doa Mande nama warung nasinya.
    Sekarang, ibu dengan empat orang putra-putri ini sudah punya aset ratusan juta. Rombongan wartawan yang datang menjelang shalat Zuhur itu dijamunya dengan makan siang. Mungkin, dia termasuk perantau urang awak yang sukses di Curup. Bagi dia kedatangan rombongan tersebut, adalah sebuah kehormatan, dan dia berharap perjalanan yang akan ditempuh sampai rombongan ke Bengkulu, dan pulangnya nanti selamat hendaknya.
    Dulu, Fatimah sering pulang kampung. Namun, sejak semua anaknya sudah di situ, sangat jarang pulang kampung. Yang jelas, baginya kampung halaman tempat dia dilahirkan, merupakan sumber inspirasi yang sangat tinggi. Dari kampung Padang Sago itulah dia mulai hidup, dan akhirnya melanjutkan ke Curup. (damanhuri)

4 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb,perkenalkan saya Sinta dari Padang saya pengusaha properti,saya ngin berbagi pengalaman kepada teman2 semua,dulu saya hanya penjual jamu keliling,hidup susah penghasilanpun hanya bisa untuk makan,saya punya anak tiga suami tinggalkan saya pada saat kelahiran anak saya yang ke 3.putus asa sempat terlintas dipikiran saya,tapi saya harus berjuang demi anak2 saya,tidak sengaja saya buka internet dan saya lihat no ki agenk bondowoso,saya coba telpon beliau,saya dikasi solusi tapi saya ragu untuk menjalankannya tapi saya coba beranikan diri mengikuti saran beliau syukur alhamdulillah sekarang saya bisa sukses seperti ini usaha properti saya terbilang sukses,sekarang semua anak2 saya sekolah dan sudah ada yang sarjana,terimah kasih saya ucapkan pada ki agenk bondowoso berkat anda saya bisa seperti ini,khusus untuk room ini terima kasih karna saya bisa berbagi pengalaman,untuk teman2 yang mau seperti saya atau yang sedang dalam kesusahan khususnya yang terlilit hutang banyak silahkan hub ki agenk bondowoso di nmr 082348727567 insya Allah dikasi solusi,ini pengalaman saya nyata dan tidak ada karangan apapun sumpah atas nama Allah,salam persaudaraan,WAssalam

    BalasHapus
  2. Calls Only ::{+16264653418}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    Ini adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI, kami adalah pemegang saham CREDIT UNION DAYA LESTARI prioritas utama kami adalah memberikan bantuan keuangan kepada keluarga Anda tempat kerja Anda baik proyek pinjaman pribadi yang memerlukan dana besar atau Anda kekurangan dana dan Anda memerlukan dana untuk situasi buas kami. sedang mengalami. dapat memberi Anda layanan keuangan ini tanpa mengklaim jaminan keamanan KTA karena kami tidak berada di sini untuk memperparah situasi keuangan Anda namun memberikan bantuan keuangan kepada Anda sehingga satu-satunya jawaban bagi Anda untuk mengatasi trauma keuangan Anda adalah CREDIT UNION DAYA LESTARI jadi jika Anda sangat membutuhkan dana yang sangat penting ini yang perlu Anda lakukan adalah menghubungi kami melalui alamat berikut karena Anda akan hadir dengan kepuasan dan kegembiraan, kami selalu berada dalam dua puluh jam sehari. dan tujuh hari seminggu sehingga staf kami akan memberikan layanan keuangan terbaik yang Anda inginkan
    email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    BBM: {D8980E0B}
    Kami memperlakukan klien kami dengan sangat hormat karena bertahun-tahun kerja sama membuat kami terus berjalan karena oleh karena itu penawaran kami sangat menarik dan prosesnya sederhana dan tanpa tekanan.

    BalasHapus
  3. Adakah anda memerlukan pinjaman yang sah, jujur, bereputasi baik dan mendesak? Pencarian anda untuk pinjaman yang sah berakhir di sini hari ini kerana kami di sini untuk memenuhi keperluan kewangan anda. Sekiranya atas sebab apa pun anda ditolak pinjaman dari bank atau institusi kewangan, jangan bimbang lagi masalah kewangan anda kerana kami adalah penyelesaian untuk masalah kewangan anda. Kami telah membuat pinjaman perniagaan berbilion (mata wang campuran) kepada lebih daripada 32,000 pemilik perniagaan. Kami menggunakan teknologi risiko yang ditetapkan sendiri untuk memberi anda pinjaman korporat yang tepat supaya anda dapat mengembangkan perniagaan anda. Kami menawarkan semua jenis pinjaman dengan kadar faedah rendah dan juga jangka waktu untuk melunaskan pinjaman. Adakah anda mempunyai kredit buruk? Adakah anda memerlukan wang untuk membayar bil anda? atau adakah anda merasakan keperluan untuk memulakan perniagaan baru? Adakah anda mempunyai projek yang belum selesai kerana pembiayaan yang rendah? Adakah anda memerlukan wang untuk melabur dalam bidang khas yang akan memberi manfaat kepada anda? ISLAMIC REFINANCING LOAN COMPANY
    tujuannya adalah untuk menyediakan e_mail perkhidmatan kewangan profesional yang sangat baik: [islamicrefinancing@gmail.com]
    WhatsApp: +15716666386

    BalasHapus
  4. Beli Dokumen Asli Dan Palsu Secara Online

    Kami hanya memproduksi Paspor Terdaftar, KTP, SIM, Sertifikat IELTS, VISA, Izin Tinggal, Akta Kelahiran, Ijazah SSN, TOEFL, Cap Keluar/Masuk, dll yang berkualitas tinggi yang dapat digunakan secara legal baik secara nasional maupun internasional. Ini akan diproduksi dengan keaslian 100% seperti dokumen aslinya. Kami juga menggunakan teknologi biometrik baru untuk semua jenis dokumen kami.


    Kontak:
    ID Wickr:.....Spidoplug
    Email:.....firstclassdocuments20@gmail.com


    Layanan duplikat dokumen:
    Pembuatan duplikat dokumen berarti kami akan mengkloning dokumen asli yang ada dan mengganti informasi dengan detail yang Anda berikan agar sesuai dengan aktivitas Anda, basis data dengan mempertimbangkan usia, jenis kelamin, kebangsaan, dll. Ini akan berisi nama asli orang tua dari orang tersebut, alamat, beberapa lainnya informasi berguna yang dapat ditanyakan di bandara dan bea cukai oleh imigrasi, dll.


    Layanan pendaftaran dokumen:
    Untuk beberapa Negara, kami dapat menawarkan untuk mendaftarkan dokumen baru Anda di database pemerintah setelah dokumen tersebut diproduksi. Bahkan itu akan menjadi dokumen resmi yang dikeluarkan dan Anda dapat menggunakannya seperti yang asli. Tetapi harga untuk dokumen yang terdaftar akan lebih tinggi daripada untuk dokumen biasa yang diproduksi.


    Layanan Afiksasi Visa/Prangko:
    Kami menyediakan kemungkinan untuk membubuhkan hampir semua jenis prangko/VISA ke dalam paspor untuk mengisi Anda lebih percaya diri. Kami tidak menyediakan layanan semacam ini secara terpisah dari pembuatan paspor.


    Sertifikat IELTS:
    Kami menawarkan sertifikat tes bahasa Inggris kualitatif tinggi tanpa ujian. Sertifikat akan asli dan terdaftar di database resmi. Semua sertifikat yang kami terbitkan memiliki tingkat skor band yang Anda pilih (6.5-9.0). IELTS diterima oleh lebih dari 10.000 organisasi di lebih dari 145 negara.
    Ini termasuk:
    Universitas, Sekolah, Sekolah Tinggi Pelatihan dan Perguruan Tinggi
    Departemen dan lembaga pemerintah
    Badan profesional dan industri
    Perusahaan dan majikan.

    Kontak:
    ID Wickr:.....Spidoplug
    Email:.....firstclassdocuments20@gmail.com

    BalasHapus