wartawan singgalang

Selasa, 12 Februari 2013

Berebut Suara DPRD Sumbar di Lubuak Aluang

Berebut Suara DPRD Sumbar di Lubuak Aluang

Lubuak Aluang---Meskipun Pemilu legislatif masih setahun lebih lagi, riaknya sudah mulai dirasakan ditengah masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya baliho petinggi partai politik yang mewarnai perkampungan. Sekecil apapun momen yang diadakan banyak orang, pasti melibatkan sejumlah partai politik.
    Lubuak Aluang, Kabupaten Padang Pariaman yang dikenal dengan masyarakat padat penduduk selalu menarik mencermatinya pada saat musim Pemilu. Kenapa tidak, dikampung ini warga yang wajib punya KTP saja mencapai 27 ribu lebih. Dasar ini, tentu merupakan potensi suara yang sangat signifikan sekali bagi Caleg yang akan maju nantinya.
    Sangat disayangkan, potensi masyarakat yang sebanyak itu pada Pemilu 2009 silam, tak seorang pun warga Lubuak Aluang yang mampu mengirim wakilnya ke DPRD Provinsi Sumatra Barat. Beda dengan Kecamatan 2x11 Enam Lingkung lama, yang jumlah penduduknya tidak sebanyak Lubuak Aluang, tetapi mampu mengirim dua orang wakilnya ke Sumbar; Sitti Izzati Aziz (Golkar) dan Dedy Edwar (Hanura).
    Pemilu 2014, agaknya warga Lubuak Aluang tidak ingin lagi ketinggalan. Mereka tak mau hanya sebagai pemberi suara, tanpa adanya orang Lubuak Aluang itu sendiri yang duduk di DPRD Sumbar. Paling tidak, dari potensi masyarakat sebanyak itu, kampung yang terkenal dengan panasnya itu harus bisa mengirim dua orang utusannya.
    Disejumlah lapau-lapau strategis beredar informasi, bahwa pada Pemilu mendatang, ada banyak tokoh Lubuak Aluang yang akan memanfaatkan momen demikian. Tersebutlah nama Joni Amir Datuak Malano, yang dikabarkan akan maju untuk DPRD Sumbar dari PDI P. Kemudian Aljufri (Hanura), Eri Zulfian (Demokrat) dan Darmon (PAN). Itu nama-nama yang ramai 'digunjingkan' banyak orang di Lubuak Aluang akan bertarung untuk dewan Sumatra Barat.
    Mereka semua itu, adalah orang yang mempunyai pengaruh yang luar biasa dan sudah ternama pula dalam nagari dan kecamatan tersebut. Joni Amir, disamping sebagai seorang niniak mamak dalam nagari, dia juga terbilang sukses memimpin salah satu BUMN, dan bahkan pada Pilkada 2010 silam, namanya sempat mencuat sebagai calon Bupati/Wakil Bupati Padang Pariaman.
    Aljufri adalah pengusaha muda yang terbilang sukses di Lubuak Aluang. Berkiprah di DPD Partai Hanura Provinsi Sumatra Barat, Hipmi Padang Pariaman. Untuk Lubuak Aluang banyak organisasi yang dipimpinnya. Dikalangan anak muda dan orang tua, nama Aljufri tak asing lagi, karena kiprah yang dimanikannya ditengah masyarakat itu sendiri. Dia selalu hadir dalam berbagai kegiatan yang dilakukan di nagari itu.
    Tidak kalah serunya, Darmon. Pemilu lalu, pria yang juga dikenal sebagai ustadz ini dua kali duduk di DPRD Padang Pariaman. Pemilu 2009 dia Caleg DPRD Sumbar, tapi belum cukup suara. Hanya selangkah lagi. Mungkinkah dia mampu meraih simpati rang Lubuak Aluang pada Pemilu mendatang? Kita lihat saja.
    Nama Eri Zulfian, Warga Padang Baru Koto Buruak yang kini Ketua DPRD Padang Pariaman disebut sebagai Caleg Sumbar, lantaran karir politiknya telah sampai puncaknya didaerah tersebut. Soal pengaruh dan kiprahnya ditengah masyarakat tak diragukan lagi, meskipun jarang tampil di kampungnya sendiri, Lubuak Aluang.
    Walaupun sebanyak itu nama-nama tokoh Lubuak Aluang yang diperkirakan maju untuk Sumbar, tetap saja Caleg lain yang bukan rang Lubuak Aluang dapat sambutan yang hangat di kampung itu. Lihatlah Sitti Izzati Aziz. Anggota DPRD Sumbar ini acapkali berkunjung, mengumpulkan orang patut dan mungkin dalam Kecamatan Lubuak Aluang. Apapun momennya, Ibuk Sitti, begitu Ketua Fatayat NU Sumbar ini sering disapa selalu hadir di Lubuak Aluang akhir-akhir ini.
    Banyak sudah sumbangsih dan kontribusi yang dirasakan oleh orang perorang dan lembaga pemerintahan dalam Kecamatan Lubuak Aluang itu sendiri dari Sitti. (damanhuri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar