wartawan singgalang

Senin, 22 Februari 2016

40 Persen Masyarakat Guguak Belum Menikmati Listrik

40 Persen Masyarakat Guguak Belum Menikmati Listrik

Padang Pariaman---Besar harapan masyarakat Korong Guguak, Nagari Lurah Ampalu, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak terhadap pasangan Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni - Suhatri Bur, khusus untuk mengangkat kampung itu dari keterisoliran dan ketertinggalan.
    Walikorong Guguak Nazaruddin menyebutkan, sekitar 40 persen dari 250 kepala keluarga yang mendiami korong itu hingga kini belum menikmati aliran listrik. Sebagian besar jalan di kampung itu masih jalan tanah, yang butuh pengaspalan dari pemerintah.
    "Dari Ulu Banda, Tonyok ke Buluah Apo, Nagari Koto Dalam butuh jalan yang sehat," kata dia. Kemudian, jalan dari Padang Pauah ke Koto Runciang hingga kini masih jalan tanah. Tentu, supaya transportasi masyarakat lancar, jalan itu perlu diaspal.
    Kemudian, lanjutnya, Masjid Raya Guguak yang dibangun kembali pascagempa akhir 2009 lalu dengan swadaya masyarakat, hingga saat ini belum bisa diselesaikan. Bahkan, kondisi yang ada sekarang, sebagian besar atapnya butuh pula penggantian. Sebagai pusat pengembangan agama di tengah masyarakat, masjid ini butuh sentuhan pemerintah. Begitu juga dengan Irigasi Koto Runciang yang belum sempurna dibangun dengan hanya sekali proyek.
    "Irigasi itu satu-satunya yang mengaliri sawah masyarakat dalam satu dusun, yakni Tigo Jurai," jelasnya. Ada ratusan hektare sawah di sana. Akibat irigasi itu belum lancar, sebagian sawah telah dijadikan ladang oleh masyarakat pemiliknya.
    Nazaruddin merasakan, bahwa korong yang dia pimpin itu merupakan satu-satunya korong yang masih belum maju dan berkembang dengan baik. "Memang, secara perlahan-lahan, arah untuk kemajuan itu telah mulai dilakukan Pemkab Padang Pariaman, dengan diaspalnya jalan menuju kampung ini dari arah Kasai, Ampalu.
    Namun, untuk semua Korong Guguak, kata dia, masih butuh pembangunan infrastruktur selanjutnya. "Alhamdulillah, semasa memimpin lima tahun belakangan, Bupati Ali Mukhni sempat melihat dari dekat korong ini, melihat kondisi yang sebenarnya. Terus waktu kampanye kemarin juga ada, dan dibuktikan pula di korong yang satu ini, pasangan yang di usung banyak partai ini menang di Guguak ini," ujar Nazaruddin.
    "Atas nama masyarakat, kami tidak menuntut janji kepala daerah yang baru saja dilantik untuk periode kedua ini," tambahnya. Cuma, sudah sepantasnya korong ini dimajukan, diberikan juga jatah kue pembangunan, sesuai dengan kondisi Korong Guguak itu sendiri, yang merupakan perlintasan bagi masyarakat Sungai Pua Tanjung Mutuih dan Buluah Apo dalam Nagari Koto Dalam, Kecamatan Padang Sago.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar