wartawan singgalang

Kamis, 19 Februari 2015

Lewat Program Padang Pariaman Sehat Penyakit Tumor Ganas di Wajah Alfahrizal Disembuhkan

Lewat Program Padang Pariaman Sehat
Penyakit Tumor Ganas di Wajah Alfahrizal Disembuhkan

Padang Pariaman--Penyakit tomur yang menempel di kening Dody Alfahrizal sudah tidak adalagi. Penyakit yang sempat lama dikeluhkan anak muda berusia 25 tahun itu, berhasil dioperasi melalui program Padang Pariaman Sehat (PPS), yang anggaran biaya operasi putra Sibaruas, Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau itu sepenuhnya ditanggung Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) daerah itu.
    Mayarnis, ibu kandung Dody merasa terharu. Dia tak kuasa menahan kegembiraannya melihat anaknya yang sembuh total dari penyakit yang sangat menakutkan tersebut. Tentu ibu berusia 51 tahun ini akan dapat melihat anaknya yang bisa mengabdi sepenuhnya untuk kelangsungan hidupnya bersamka keluarga.
    Sebagai warga miskin di perkampungan, Mayarnis sebenarnya sudah pasrah. Dia telah berusaha semampunya untuk mengobati Dody dengan obat kampung, tapi tak juga kunjung sembuh. Namun, nasib berkata lain. Bupati Ali Mukhni bersama Kepala Dinas Kesehatan Aspinuddin setelah dapat laporan itu, langsung meluncur ke Sibaruas. Tepatnya, rumah orangtua Dody. Ternyata, penyakit dodi demikian mengundang kepedulian yang sangat luar biasa dari sang kepala daerah, untuk ikut berbuat dalam kesembuhan.
    Dody menjelaskan, bahwa sakit tumor yang tumbuh di kepala itu mulanya karena luka akibat terkena sudut jendela ketika merantau di Medan, sekitar dua tahun yang lalu. Kemudian luka tersebut ia obati dengan obat seadanya. Namun ia masih merasakan sakit dan adanya daging tumbuh tepat dikeningnya. Masih kecil tapi. Setelah lebaran tahun lalu, daging itu menjadi tumor ganas. Kian membesar sepanjang delapan centimeter, dan bertambah satu lagi diatas hidung yang sama besarnya.
    Bupati Ali Mukhni memerintahkan jajaran Dinas Kesehatan segera merujuk ke Rumah Sakit untuk diambil tindakan operasi. Adapun biaya yang dikeluarkan sepenuhnya ditanggung oleh BPJS dan Baznas, termasuk biaya keluarga yang mendampingi selama Dody dirawat di Rumah Sakit.
    "Sesuai arahan Pak Bupati Ali Mukhni, Dody setelah dioperasi dan dirawat, Alhamdulillah sehat seperti sediakala. Tindakan dilakukan secara cepat. PPS sangat efektif untuk deteksi dini terhadap penyakit atau virus yang berkembang di tengah masyarakat. PPS ini dapat menjadi pilot project pelayanan kesehatan," kata Aspinuddin yang juga Ketua IDI Padang Pariaman itu.
    Setelah sembuh, Dody mengaku merasa berhutang budi dengan Bupati Ali Mukhni. Ia tak menyangka dapat sembuh dan bisa beraktifitas seperti sediakala. "Terima kasih program PPS, terima kasih Pak Bupati Ali Mukhni," kata Dody dengan senyumnya yang mengembang.
    Anggota DPRD Padang Pariaman yang juga mantan Walinagari Pilubang, Tri Suryadi salut dan berterima kasih atas cepat tanggap yang dilakukan Bupati Ali Mukhni. Tri Suryadi dan Kamarsam, yang juga anggota DPRD di daerah itu ikut memberikan yang terbaik bagi bagi kesembuhan Dody dari penyakit. (damanhuri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar