wartawan singgalang

Minggu, 28 Juni 2015

Darmon Berikan Motivasi Ternyata Nama Gubernur dan Wagub Sumbar Sekarang Belum Diketahui di Lubuk Alung

Darmon Berikan Motivasi
Ternyata Nama Gubernur dan Wagub Sumbar Sekarang Belum Diketahui di Lubuk Alung

Lubuk Alung---Siapa nama Gubernur Sumbar? Tanya anggota DPRD Sumatera Barat, H. Darmon kepada sejumlah pelajar Lubuk Alung yang aktif melakukan kegiatan Ramadhan di Masjid Raya Mujahidin Lubuk Alung, Kamis malam lalu, saat politikus PAN ini memimpin Tim Safari Ramadhan (TSR) provinsi ke masjid tersebut.
    Meskipun pertanyaannya sangat mudah, tetapi tak seorangpun diantara banyak pelajar yang mencatat ceramah ustad setiap malamnya itu mampu menjawabnya. Tak berselang lama, Darmon yang berasal dari Dapil Padang Pariaman dan Kota Pariaman ini melanjutkan dengan sebuah pertanyaan baru; siapa nama Wakil Gubernur Sumbar? Lagi-lagi para pelajar itu tak seorangpun yang berani menjawab.
    Padahal, pertanyaan itu sebelum dilontarkan, Darmon telah mewanti-wanti bahwa siapa diantara anak-anak yang mampu menjawab pertanyaan akan diberikannya hadiah berupa uang tunai. Darmon agak sedikit bingung. Kenapa para pelajar itu tak seorangpun yang tahu dengan dua sosok pemimpin Sumatera Barat, yang tahun ini mereka sudah harus mengakhiri masa kepemimpinannya.
    Kurang apa seorang Irwan Prayitno. Meskipun dia baru satu periode jadi orang nomor satu di ranah Minang ini, nama tokoh partai PKS ini sudah lama melambungnya. Dia pernah dua periode jadi anggota DPR RI. Bahkan, di kalangan dunia pendidikan, Irwan Prayitno sudah sangat terkenal. Namun, di kalangan anak muda dan pelajar di Lubuk Alung, dia sama sekali belum tersosialisasi dengan baik.
    Begitu juga dengan seorang Muslim Kasim, yang saat ini jadi Wagub Sumbar mendampingi Irwan Prayitno. Boleh dikatakan, nilai Irwan Prayitno dan Muslim Kasim sama di kalangan pelajar demikian. Yakni, sama-sama tak diketahuinya. Padahal, sebelum jadi Wagub, MK, begitu Muslim Kasim mempopulerkan namanya, dua periode atau 10 tahun berkuasa di Padang Pariaman. Tetapi, calon masa depan bangsa di Lubuk Alung, sama sekali tak mengenal tokoh yang asli Gadua, Kecamatan Enam Lingkung yang cukup bertetangga dengan Lubuk Alung itu.
    Darmon yang putra Lubuk Alung ini juga bertambah bingung. Dia pun melanjutkan dengan pertanyaan yang ketiga; siapa nama Bupati Padang Pariaman? Seorang diantara pelajar itu mengacungkan telunjuknya tinggi-tinggi. "Awak pak, awak pak," katanya dengan senang ingin menjawab pertanyaan yang dianggapnya mudah untuk dijawab tersebut.
    "Ali Mukhni, pak," ujar anak itu. "Bagus. Ini hadiahnya Bapak kasih," kata Darmon menimpalinya seraya langsung mengeluarkan uang senilai Rp50 ribu dari dalam sakunya, yang selanjutnya diserahkan kepada anak tadi, sebagai hadiah karena yang bersangkutan lancar menyebut nama Ali Mukhni.
    Bagi Darmon, orang yang lama berkecimpung di masjid yang terletak di pusat Lubuk Alung itu, tentu menjadi sebuah pertanyaan besar kenapa para pelajar di kampungnya tak seorangpun yang tahu nama pemimpin di Sumatera Barat. Memang, hal demikian tak pula ada dalam mata pelajaran di sekolah dan MDA masjid tempat anak-anak menimba ilmu agama. Namun, sebagai masyarakat, setidaknya nama dua petinggi itu tentu harus diketahui oleh semua masyarakat. Paling tidak tahu dan pandai menyebut namanya saja. (501)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar